Pengertian fisika menurut para ahli - Qna Sains

Pengertian fisika menurut para ahli

pengertian fisika

Pengertian Fisika

Pengertian fisika adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam dari segi materi dan energinya. Fisika adalah bangun pengetahuan yang menggambarkan usaha, temuan, wawasan dan kearifan yang bersifat kolektif dari umat manusia. Sedangkan menurut Mundilarto, fisika sebagai ilmu dasar memiliki karakteristik yang mencakup bangun ilmu yang terdiri atas fakta, konsep, prinsip, hukum, postulat, dan teori serta metodologi keilmuan. Fisika adalah ilmu yang terbentuk melalui prosedur baku atau biasa disebut sebagai metode ilmiah.

Lederman dalam Atar dan Gallard, Nature of Science mengacu pada nilai-nilai dan keyakinan yang melekat pada pengembangan ilmu pengetahuan. Menurut hakikatnya, fisika yang merupakan sains bukanlah sekedar kumpulan ilmu pengetahuan semata. Lebih dari itu menurut Collette dan Chiappetta (1994), sains merupakan a way of thinking (afektif), a way of investigating (proses), dan a body of knowledge (kumpulan ilmu pengetahuan). 

Hakikat Ilmu Fisika

Secara sederhana hakikat ilmu fisika adalah suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis tentang gejala alam. Menurut Margono (1998:20) pengertian IPA meliputi tiga hal yaitu produk, proses, dan sikap ilmiah yang ketiganya saling berhubungan.

1). Produk IPA adalah semua pengetahuan tentang gejala alam yang telah dikumpulkan melalui observasi berupa fakta, konsep, prinsip, hukum dan teori.

2). Proses IPA atau metode ilmiah yaitu cara kerja yang dilakukan untuk memperoleh hasil-hasil IPA atau produk IPA. Untuk dapat memahami dan memiliki ketrampilan dalam proses IPA, diperlukan pengalaman belajar dan berlatih melakukan observasi, berpikir logis dan kritis, melakukan eksperimen, berkomunikasi verbal maupun non verbal dan memecahkan masalah.

3). Nilai  dan sikap IPA

Berdasarkan pengertian Fisika yang diuraikan oleh Margono, penulis dapat menyimpulkan bahwa kegiatan IPA meliputi produk yang berupa fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori. Fisika merupakan salah satu cabang IPA dengan ciri-ciri yang tidak jauh berbeda dengan IPA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Fisika meruapakan ilmu yang mempelajari gejala alam yang menghasilkan fakta, konsep, prinsip, hukum dan teori.

Pengertian fisika menurut Brackhous yang dikutip oleh Druxes Herbert

Fisika adalah ilmu yang mempelajari kejadian alam yang memungkinkan penelitian dengan percobaan, pengukuran apa yang didapat, penyajian secara sistematis dan berdasarkan peraturan-peraturan umum”.

Pengertian fisika menurut Gerthsen

Fisika adalah suatu teori yang menyatakan gejala-gejala alam sesederhana-sesederhananya dan berusaha menemukan hubungan antara kenyataan-kenyataannya, persyaratan utama untuk memecahkan persoalannya adalah mengamati gejala-gejala tersebut”.

Kesimpulan

Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang menguraikan dan menganalisa struktur dan peristiwa alam yang sesederhana mungkin sehingga menghasilkan pengetahuan baru. Fisika menguraikan dan menganalisa struktur peristiwa alam dunia di sekitar kita, dari sini akan ditemukan konsep-konsep, aturan-aturan atau hukum-hukum dalam alam yang dapat menerangkan gejalagejala berdasarkan struktur logika. Konsep-konsep dalam Fisika selanjutnya dapat diungkapkan dalam bahasa matematika tetapi hanya merupakan suatu alat untuk memudahkan dan menyederhanakan cara pengungkapan Fisika.

 

Views:
4210
Article Categories:
FisikaSMP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *