√ 15 Jenis Investasi Terbaik dan Terpopuler di Indonesia - Qna Sains

√ 15 Jenis Investasi Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia

15 Jenis Investasi Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

Investasi merupakan cara yang paling baik dan tepat, untuk mengalokasikan dana atau sejumlah uang baik secara langsung ataupun tidak, dengan harapan dalam waktu tertentu baik jangka pendek ataupun panjang bisa mendapatkan keuntungan atau passive income dari investasi yang dilakukan. Di saat ini ada beberapa jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia, baik untuk pemula, karyawan, mahasiswa dan para investor expert.

Memilih jenis investasi yang tepat merupakan hal yang fundamental dalam berinvestasi, karena banyak investor pemula tidak memeilih jenis investasi yang tepat dan akhirnya berujung dengan kerugian bahkan dana yang di investasikan hilang dalam sekejap.

Sebelum membahas mengenai jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia, sebelumnya Qna Sains akan memberikan gambaran sederhana apa itu investasi. Secara sederhana investasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas mengalokasikan atau menyimpan sejumlah dana dalam jangka waktu tertentu dengan harapan akan memberikan keuntungan dari aktivitas investasi yang dilakukan.

Apakah investasi sama dengan menabung di sebuah brangkas, celengan, atau bank? Jawabannya tidak. Misal contoh sederhananya perbedaan antara nabung biasa dengan investasi adalah ketika anda mempunyai uang sejumlah 3 juta kemudian anda berkeinginan untuk menginvestasitasikan dalam bentuk saham, misalkan saham Bank BCA 1 lembar saham seharga 3 Juta artinya anda mendapatkan 1 lembar saham Bank BCA kemudian dalam jangka tertentu apakah investasi anda menguntungkan atau tidak tergantung dengan sehat atau tidaknya saham yang anda beli atau kepemilikan perusahaan tersebut.

Artinya anda bisa saja untung apabila investasi yang anda lakukan tepat dan sesuai dengan analisa anda mengenai jenis investasi yang cocok untuk anda, semakin tinggi resiko dalam investasi semakin besar pula peluang kemungkinan anda mendapatkan keuntungan bahkan kerugian. Oleh karena itu pentingnya mencari tahu terlebih dahulu sebelum memilih jenis investasi yang tepat.

Berikut Qna Sains telah merangkum 15 Jenis Investasi Tebaik dan Terpopuler di Indonesia:

1. Saham

Secara sederhana saham dapat artikan sebuah surat bukti tanda kepemilikan suatu perusahaan yang didalamnya tercantum nilai nominal, nama perusahaan, dan di ikuti dengan hak dan kewajiban yang dijelaskan kepada setiap pemegangnya.

Sedangkan Menurut Sapto saham adalah Surat berharga yang merupakan instrumen bukti kepemilikan atau penyertaan dari individu atau institusi dalam suatu perusahaan. Sedangkan menurut istilah umumnya, saham adalah bukti penyertaan sejumlah modal dalam suatu kepemilikan saham perusahaan.

Untuk saat ini investasi saham sedang mengalami naik daun khususnya para investor pemula mulai dari mahasiswa, karyawan dan masyarakat pada umumnya. Investasi saham merupakan salah satu pilihan jenis investasi dalam jangka pendek atau panjang.

Dalam investasi saham diperlukan tingkat kesabaran yang tinggi, ketekunan dan analisa yang tepat dalam memprediksi saham yang akan kita beli untuk kurun waktu tertentu.

Ada beberapa istilah dalam dunia saham yang penting diketahui untuk pemula, yang pertama Buy dan Sell artinya beli dan jual saham, kedua indeks atau angka yang mengindikasi harga rata-rata dari sejumlah perusahaan yang terdaftar dalam 1 indeks, istilah ketiga dalam saham adalah deposit atau menyimpan sejumlah uang kedalam rekening saham, keempat IPO atau Initial Public Offering, istilah kelima dalam dunia saham yang sering kita dengar adalah Kode saham, keenam saham blue chip atau saham perusahaan yang cenderung stabil dan sehat, istilah selanjutanya dalam dunia saham cut loss atau nilai saham sebuah perusahan pada bursa yang turun atau naik.

2. Emas

Jenis investasi emas sangat cocok untuk investor yang ingin melihat bentuk investasinya secara kasat mata atau dalam bentuk fisik. Emas merupakan logam mulia yang sangat diminati oleh banyak orang. Orang rela mengeluarkan dana yang cukup besar untuk mendapatkan logam mulia yang memiliki beragam bentuk ini. Pada umunya orang memilih berinvestasi dalam bentuk emas untuk memperoleh keuntungan dalam jangka panjang. Emas juga bisa digunakan untuk koleksi dan perhiasan. Investasi emas juga bisa dibilang praktis karena bisa dilakukan semua golongan mulai dari ibu rumah tangga, pekerja bergaji pas-pasan atau profesional karena emas bisa dibeli mulai dari 1 gram. 

Banyak hal yang mempengaruhi ketika akan menjalankan sebuah usaha apapun jenis usahanya, tentunya pengambilan keputusan untuk melakukan sebuah kegiatan usaha ekonomi harus benar-benar dipertimbangkan, disamping itu, sebagai seorang muslim yang taat kepada ajaran agama kegiatan ekonomi yang akan dilakukan harus dengan ketentuan syariat Islam agar hasil yang didapat berkah.

3. Deposito

Berdasarkan undang – undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 1998 tentang perbankan syariah, deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpanan dengan bank. Adapun jenis-jenis deposito yang ada di Indonesia saat ini ada beberapa macam diantaranya yaitu:

  • Deposito Berjangka

Merupakan deposito yang diterbitkan menurut jangka waktu tertentu. Jangka waktu Deposito biasanya bervariasi mulai dari 1,2,3,6,12,18 dan 24 bulan. Deposito berjangka diterbitkan atas nama baik perorangan maupun lembaga. Artinya didalam bilyet deposito tercantum nama seseorang atau lembaga.

  • Sertifikat Deposito

Merupakan deposito yang diterbitkan dengan jangka waktu 2,3,6,12 bulan. Sertifikat deposito diterbitkan dalam bentuk sertifikat dan dapat diperjualbelikan atau dipindahkan kepada pihak lain. Pencairan bunga sertifikat deposito dapat dilakukan dimuka, baik tunai maupun non tunai. Penerbitan nilai sertifikat deposito sudah tercetak dalam nominal dan biasanya dalam jumlah bulat. Sehingga nasabah dapat membeli dalam lembaran banyak untuk jumlah nominal yang sama.

  • Deposito on call

Merupakan deposito yang berjangka waktu minimal 7 hari dan paling lama kurang dari satu bulan. Diterbitkan atas nama dan biasanya dalam jumlah yang besar misalnya 50 juta rupiah. Pencairan bunga dilakukan pada saat pencairan deposito on call dicairkan terbilah dahulu 3 hari sebelum nasabah dihitung perbulan dan biasanya untuk menentukan bunga dilakukan negosiasi antara nasabah dengan pihak bank.  

Investasi deposito menjadi pilihan bagi semua kalangan masyarakat dalam memilih jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia.

4. Reksa Dana

Secara sederhana reksadana dapat diartikan sebuah kumpulan dana yang dipelihara.  Reksadana (mutual fund) adalah wahana yang digunakan untuk menghimpun dana masyarakat (pemodal) untuk kemudian diinvestasikan ke dalam dana  masyarakat (pemodal) untuk kemudian diinvestasikan ke Dallam portolio efek oleh menejer investasi (MI). Portofolio efek tersebut bisa berupa saham, obligai, instrument pasar uang, atau kombinasi dari beberapa diantaranya.  

Menurut Undang-Undang  Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 Pasal 1, ayat (27): ”Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menhimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam potofolio Efek oleh Manajer Investasi. Pada Reksadana, Manajemen investasi mengelola dana-dana yang ditempatkan pada surat berharga dan merealisasikan keutungan ataupun kerugian dan menerima dividen atau bunga yang dibukakannya ke dalam “Nilai Aktiva Bersih (NAB)” reksadana tersebut.

Investasi reksadana menjadi pilihan bagi semua kalangan masyarakat dalam memilih jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia.

5. Peer to peer lending

Peer to peer lending (P2P Lending) adalah praktik atau metode memberikan pinjaman uang kepada individu atau bisnis dan juga sebaliknya. Peer to peer lending merupakan salah satu produk dari financial technology yang mempertemukan pemilik dana atau yang biasa disebut sebagai peminjam dengan melalui sistem elektronik atau teknologi informasi. Dengan cara inilah yang menghilangkan fungsi intermediasi yang selama ini dilakukan oleh lembaga perbankan di Indonesia.

Pada dasarnya, sistem peer to peer lending ini sangat mirip dengan konsep marketplace online, yang menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara pembeli dengan penjual. Dalam hal peer to peer lending, sistem yang ada akan mempertemukan pihak peminjam dengan pihak yang memberikan pinjaman. Jadi, boleh dikatakan bahwa peer to peer lending merupakan marketplace untuk kegiatan pinjam meminjam uang.

Peer to peer lending merupakan pola kerjasama antara satu pihak dengan pihak yang lain. Peer to peer lending melibatkan pemberi pinjaman atau investor yang memberikan uang secara langsung kepada peminjam tanpa proses dan struktur lembaga tradisional.

Ketimbang mengajukan pinjaman melalui lembaga resmi seperti bank, koperasi, jasa kredit, pemerintah dan sebagainya yang prosesnya jauh lebih kompleks, sebagai alternatif masyarakat bisa mengajukan pinjaman yang didukung oleh orang-orang awam sesama pengguna sistem peer to peer lending dan oleh karena itulah maka disebut dengan peer to peer.

Investasi Peer to peer lending menjadi pilihan bagi semua kalangan masyarakat dalam memilih jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia.

6. Investasi Properti

Investasi Properti merupakan bagian dari aset yang tidak digunakan sendiri untuk tujuan pemiliknya. Berbeda dengan aset tetap yang tujuannya digunakan untuk kegiatan produksi, tujuan properti investasi adalah menyewakan properti tersebut ke pihak penyewa sehingga memperoleh pendapatan sewa dan/atau untuk memperoleh kenaikan nilai properti investasi. Nilai properti investasi saat pengakuan awal dilaporkan sebesar biaya perolehan yang meliputi harga pembelian dan setiap pengeluaran yang dapat diatribusikan secara langsung kemudian metode pengukuran setelah pengakuan awal properti investasi harus menggunakan metode biaya.

Investasi Properti adalah properti berupa tanah atau bangunan atau bagian dari suatu bangunan atau kedua-duanya yang dikuasai oleh pemilik (lessee) melalui sewa pembiayaan untuk menghasilkan rental atau untuk kenaikan nilai atau keduanya dan tidak untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa atau untuk tujuan administratif dan tidak dijual dalam kegiatan usaha sehari-hari

Investasi Investasi Properti menjadi pilihan bagi semua kalangan masyarakat dalam memilih jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia.

7. Valuta Asing

Valuta Asing adalah pasar yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain (pasangan mata uang/pair) yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam nonstop. Valas adalah merupakan suatu mekanisme dimana orang dapat mentransfer dayabeli antarnegara,memperoleh atau menyediakan kredit untuk transaksi perdagangan internasional, dan meminimalkan kemungkinan resiko kerugian akibat terjadinya fluktuasi kurs suatu mata uang,dikarenakan perbedaan nilai mata uang tiap Negara. 

Pada kegiatan perdagangan internasional,pembeli dan penjual memiliki nominal uang dalam mata uang yang berbeda dan tidak ada kurs tunggal mata uang dollar melainkan kurs yang berbeda-beda tergantung pada bank mana atau pelaku pasar mana yang bertransaksi. Oleh karena itu,si pembeli membutuhkan kepemilikan atas mata uang yang digunakan penjual agar ia bisa melakukan transaksi jual-beli. Dengan kata lain, pembeli harus menukar sejumlah uang ke dalam mata uang penjual, nilai tukar antara mata uang satu dengan yang lainnya tidaklah selalu setara. Hal ini bergantung pada mekanisme pasar perdagangan internasional.

Investasi Investasi Valuta Asing menjadi pilihan bagi semua kalangan masyarakat dalam memilih jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia.

8. Investasi S&P 500

S&P 500 adalah sebuah indeks yang terdiri dari saham 500 perusahaan dengan modal-besar, kebanyakan berasal dari Amerika Serikat. Indeks ini merupakan indeks paling terkenal yang dimiliki dan dirawat oleh Standard & Poor’s, sebuah divisi dari McGraw-Hill.

Standard & Poor’s 500 (S&P 500) merupakan salah satu rata-rata indeks saham terbesar di dunia oleh karena itu pergerakan Standard & Poor’s 500 dapat memengaruhi hampir seluruh indeks saham di dunia termasuk Indeks

Harga Saham Gabungan. Pengaruh Standard & Poor’s 500 terhadap Indeks Harga Saham Gabungan diperkirakan positif dalam artian kenaikan

Standard & Poor’s 500 (S&P 500) mengakibatkan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia. Hal ini disebabkan oleh adanya sentimen positif dari para investor terhadap kondisi ekonomi dunia.

Investasi Investasi S&P 500 atau Standard & Poor’s 500 menjadi pilihan bagi semua kalangan masyarakat dalam memilih jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Standard & Poor’s 500 berpengaruh positif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan.

9. Investasi Cryptocurrency Bitcoin/BTC

Investasi Cryptocurrency Bitcoin/BTC merupakan berbagai jenis investasi dalam bentuk uang digital atau lebih tepatnya disebut aset. Dimana bitcoin saat ini menjadi Cryptocurrency termahal didunia. Untuk lebih jelas mengenai bitcoin itu apa? Sederhananya bitcoin adalah mata uang murni digital yang tidak bisa digandakan. Di indonesia bitcoin mulai ramai menjadi salah satu tempat investasi yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang menjajikan.

10. Investasi Cryptocurrency Ethereum/ETC

Ethereum merupakan platform ter-desentralisasi atau terpusat yang bisa menjalankan smart contract yang merupakan aplikasi yang bisa berjalan sendiri sesuai pemrograman tanpa adanya downtime, sensor, penipuan maupun gangguan dari pihak lain.

Ethereum merupakan jaringan blockchain publik yang tersebar. Meskipun ada banyak perbedaan teknis antara Bitcoin dan Ethereum, perbedaan yang paling utama adalah tujuan dan fungsinya. Bitcoin menawarkan sistem uang digital peer-to-peer untuk transaksi atau transfer Bitcoin. Sementara Ethereum memfokuskan blockchain-nya untuk menjalankan program terpusat, termasuk salah satunya pembayaran atau transfer Ether.

Investasi Cryptocurrency Ethereum/ETC menjadi pilihan bagi semua kalangan masyarakat dalam memilih jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia.

11. Investasi Cryptocurrency Binance/BNB

Binance coin (BNB) adalah menjadi salah satu investasi dengan aset Cryptocurrency yang dikeluarkan oleh Binance Exchange, dan diperdagangan dengan simbol BNB. Coin BNB merupakan berjenis token ERC-20 yang berjalan dengan total persedian sebanyak 200 juta token BNB. Binance exchange sendiri adalah bursa Cryptocurrency nomor satu jika dilihat dari jumlah transaksi dan jumlah pengguna aktif.

Investasi Cryptocurrency Binance/BNB menjadi pilihan bagi semua kalangan masyarakat dalam memilih jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia.

12. Investasi Cryptocurrency Litecoin / LTC

Litecoin merupakan sebuah Cryptocurrency yang di buat pada tahun 2011 dengan perangkat lunak sumber terbuka dibawah lisensi MIT/X11. Litecoin adalah salah satu mata uang digital turunan Bitcoin Core QT yang berarti semua yang ada di dalam Litecoin tidak berbeda jauh dengan Bitcoin.

Investasi Cryptocurrency Litecoin/LTC menjadi pilihan bagi semua kalangan masyarakat dalam memilih jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia.

13. Investasi Cryptocurrency Ripple / XRP

Ripple merupakan sistem penyelesaian bruto waktu nyata, pertukaran mata uang, dan jaringan pengiriman uang yang diterbitkan oleh Ripple Labs Inc sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat.

14. Investasi Cryptocurrency Dogecoin

Dogecoin sendiri adalah turunan dari litecoin yang dikenalkan pertama kali pada Desember 2013. Istilah dogecoin menjadikan anjing Shiba Inu sebagai maskotnya dari Cryptocurrency ini. Dogecoin menjadi cryptocurrency yang paling bersahabat, karena banyak sekali perkumpulan yang melakukan kegiatan amal dan aktivitas positif yang sering dilakukan.

Nah dalam urutan ke 14 untuk jenis investasi terbaik dan terpopuler di indonesia menjadi saingan dari bitcoin adalah dogecoin yang bisa menjadi referensi untuk memulai berinvestasi dalam dalam aset cripto atau mata uang digital.

15. Investasi Cryptocurrency Yearn Finance / YFI

Yearn Finance merupakan platform DeFi, para pengguna bisa menyimpan dan mempertaruhkan token ERC20 milik mereka. Sebagai keuntungannya, mereka menerima bunga harian.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas mengenai 15 Jenis Investasi Terbaik dan Terpopuler di Indonesia , dapat ditarik kesimpulan bahwa investasi merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan harapan keuntungan dalam jangka waktu tertentu.  Namun disini Qna Sains ingin menegaskan bahwa investasi penting tetapi dana yang di investasikan merupakan dana yang bukan menjadi dana utama sebagai kebutuhan sehari-hari. Investasi merupakan sarana terbaik baik bagi anda untuk mengelola tabungan atau keuangan yang disimpan agar bisa menjadi passive income.

Views:
8707

All Comments

  • pengen nyoba main saham tapi ragu hehe

    bangpro April 18, 2021 11:27 pm Balas
  • Dari kemarin gw pengen investasi emas tapi ga jadi jadi 🤣, takut soalnya akunya takutan

    Dwija Putra Maret 26, 2021 9:39 pm Balas
    • Sebelum investasi baiknya pelajari terlebih dahulu jenis investasi yang paling ringan resikonya, apalagi untuk pemula kak

      Qna Sains Maret 27, 2021 9:48 am Balas
  • Bagus gambar ilustrasinya..

    Grilee Maret 26, 2021 12:48 pm Balas
  • Ku main reksa dana. Lebih murah, kwkwk

    Aminudin Aszad Maret 26, 2021 12:16 pm Balas
  • Mau nanya, kalau investasi seperti bibit itu bagaimana? recommended kah?

    Pubiway Maret 26, 2021 10:31 am Balas
    • Untuk pemula sangat rekomendasi kak, karena di situ juga ada kalkulasi mengenai berapa persen dari resiko yang kita ambil..

      Qna Sains Maret 27, 2021 9:52 am Balas
  • Artikelnya keren ka 👍

    ITSTAFF.web.id Maret 13, 2021 3:18 pm Balas
  • Thanks informasinya pak

    Mayuf.ID Maret 13, 2021 9:48 am Balas
  • Mantap

    Malik Maret 13, 2021 6:18 am Balas
  • Tulisan disini bisa jadi referensi buat karya ilmiah mahasiswa 🙏

    Dimas Maret 12, 2021 5:13 pm Balas
  • Sangat bermanfaat dan lengkap 👍😊 Mirip Wikipedia lanjut kan min💡

    Eni Putri Maret 12, 2021 3:22 pm Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *