Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil - Qna Sains

Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil

gizi bagi ibu hamil

Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil?

Gizi seimbang bagi ibu hamil adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan ibu selama kehamilan dalam susunan yang seimbang dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan gizi ibu hamil. Gizi seimbang sangat penting terutama pada ibu yang sedang hamil untuk keperluan dirinya sendiri dan janinnya.

Keadaan gizi juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin, pertumbuhan dan perkembangan janin, serta persiapan laktasi ibu. Sehingga kebutuhan makanan ibu meningkat. Makanan tersebut digunakan untuk pembentukan janin, persiapan pembentukan ASI, tumbuh kembang bayi selanjutnya dan untuk kesehatan ibu. Pada tiga bulan kehamilan, kebutuhan makan naik perlahan-lahan tetapi pada bulan-bulan selanjutnya pertumbuhan janin yang dikandung tumbuh dengan pesat sehingga makanan yang dibutuhkan juga meningkat.

Pegertian Gizi Ibu Hamil?

Gizi ibu hamil adalah makanan atau zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh seorang ibu yang sedang hamil baik pada trimester I, trimester II, dan trimester III dan harus cukup jumlah dan mutunya dan harus dipenuhi dari kebutuhan makanan sehari-hari sehingga janin yang dikandungnya dapat tumbuh dengan baik serta tidak mengalami gangguan dan masalah.

Ibu hamil memerlukan makanan yang bermutu, tidak berlebihan dan kekurangan. Keinginan atau selera dari ibu hamil belum tentu sesuai dengan kebutuhan tubuh ibu dan si anak sehingga dibutuhkan menu makanan yang seimbang. Menu seimbang adalah menu yang semua zat gizi nya dibutuhkan tubuh setiap hari. Zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh jumlahnya tidak sama, ada yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit dan ada pula yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Dalam menu seimbang, perbandingan antara karbohidrat, protein, dan lemak dalam menu harian harus senantiasa sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Pertambahan Berat Badan yang diharapkan pada Ibu Hamil?

a. TRIMESTER I (minggu 1-12) : 1-2,5 kilogram

Trimester pertama penting karena saat itu terjadi pembentukan dan pertumbuhan otak, syaraf, jantung dan organ-organ refroduksi janin. Pada saat yang sama, kemungkinan nafsu makan ibu berkurang karena mual-mual dan muntah. Tidak heran jika kenaikan bobot ibu pada trimester pertama tidak banyak. Bahkan kadang berat badan malah turun sekilo,dua kg.

Jangan khawatir janin kurang nutrisi karena tubuh anda akan slalu memprioritaskan kebutuhan janin, meski harus ‘mencuri’ cadangan gizi dari tubuh anda. Berikan makanan dalam porsi kecil tapi sering seperti susu, telur, buah-buahan, asinan, sup, dan lain-lain. Dan makanan ringan lainnya seperti biscuit, cracers, dan sebagainya sesuai dengan selera ibu masing-masing.

b. TRIMESTER II (minggu 12-28) : 5 kilogram

Pada trimester kedua nafsu makan anda biasanya pulih sehingga berat badan meningkat rata-rata 0,35-0,4 kg per minggu. Pertumbuhan janin pun ngebut. Sebagian besar berat badan anda ‘terserap’ untuk pertumbuhan berat janin. Kebutuhan akan zat gizi tenaga seperti nasi, roti, singkong, gula, minyak, santan, dan lain-lain lebih banyak diperlukan dibandingkan kebutuhan saat tidak hamil, demikian juga kebutuhan zat pembangun dan pengatur seperti lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan berwarna, tambahan kalori dan protein adalah 3,85 kalori dan protein 12 gram terdiri dari :

  • Nasi ½ piring
  • Ikan ½ potong
  • Tempe 1 potong
  • Sayuran 1 ½ mangkok
  • Minyak ½ sendok makan

c. TRIMESTER III (minggu 28-lahir) : 4-5 kilogram

Meski pada minggu ke 28 pertambahan volume darah ibu hamil mencapai puncaknya namun secara keseluruhan pertambahan berat badan pada trimester ini kembali melambat. Syukurlah, karena itu pun sudah membuat ibu hamil kepayahan membawa perut besarnya.

Pada saat ini janin mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Umumnya nafsu makan ibu sering lapar jangan makan berlebihan sehingga BB tidak naik terlalu banyak. Bahan makanan yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat seperti makanan yang manis dan gorengan dikurangi.

Bahan makanan sumber zat pengatur dan pembangunan perlu diberikan lebih banyak dibandingkan pada kehamilan TM 2 karena selain untuk pertumbhan janin sangat diperlukan ibu untuk proses persalinan. Pada masa ini lambung mejadi sedikit tersedak, dan ibu merasa kepenuhan karena itu berikan makanan dalam porsi kecil asal sering agar gizi yang diperlukan dapat terpenuhi.

Kemana larinya berat badan ibu hamil ?

  • Berat janin 2,5-3,5 kg
  • Plasenta +/- 0,5 kg
  • Cairan ketuban 0,5-1 kg
  • Darah +/- 2 kg
  • Cairan tubuh +/- 1,5 kg
  • Rahim 0,5-1 kg
  • Payudara +/- 0,5 kg
  • Cadangan lemak +/- 3,5 kg

Berapa harus naik ?

Jika sebelum hamil berat badan anda kurang, atau sebaliknya kegemukan, sebaiknya sesuaikan dulu dengan berat badan normal sesuai klasifikasi berat badan. Ini karena, berat badan sebelum hamil ternyata mempengaruhi seberapa banyak kenaikan berat badan yang dianjurkan selama hamil.

  • Bila berat badan anda sebelum hamil normal, maka pertambahan sebaiknya antara 9-12 kg
  • Bila berat badan anda sebelum hamil berlebih, maka pertambahan sebaiknya antara 6-9 kg
  • Bila anda mengandung bayi kembar dua atau lebih, maka kemungkinan berat badan anda akan bertambah lebih banyak dari jika mengandung 1 bayi.

Kebutuhan Zat Gizi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil?

1. Karbohidrat

Sebgai sumber tenaga, pengatur metabolisme, membantu pengeluaran fesef.

Dapat diperoleh dari nasi, kentang, singkong, ubi, jagung, roti, gandum, dan sayuran

2. Protein

Sebagai zat utama untuk membangun jaringan jaringan bagian tubuh

Sumber protein hewani, daging, ikan, unggas, telur, keju

Sumber protein nabati, kacang kedelai, kacang tanah, kacang merah, kacang kacangan(tahu tempe)

3. Vitamin C

Dapat meningkatkan daya tahan tubuh gerhadap infeksi

Dapat diproleh dari buah yang berwarna kuning seperti jeruk, wortel, sayuran

4. Vitamin A

Untuk perkembangan psikomotor dan penglihatan anak, Sumber vitamin A : Bahan Hewani minyak ikan, kuning telur dan Bahan Nabati sayuran, seperti wortel, bayam, kangkung. Buah yang berwarna merah seperti tomat dan pepaya.

5. Zat besi

Untuk pembentukan darah, dapat diperoleh dari: Bahan makanan hewani seperti telur, hati, daging. Bahan makanan nabati seperti kacang-kacangan: kacang tanah, kacang kedelai, sayuran hijau seperti bayam, daun singkong, dan kangkung.

6. Cairan

Air merupakan bagian tubuh terbesar, hampir ¾ dari berat tubuh adalah air. Tubuh menggunakan air untuk beberapa fungsi. Air adalah pelarut semua hasil pencernaan, pembawa zat-zat kotoran dari sel ke ginjal. Air juga menolong mengatur suhu tubuh. Seseorang memerlukan sekitar 6-8 gelas air dalam sehari. Ibu hamil dianjurkan minum 2 liter/hari, Prinsip makan ibu hamil, makan 1 sampai 2 piring lebih banyak dari biasanya selama hamil, Makan aneka ragam makanan 4 sampai 5 kali sehariuntuk memenuhi gizi ibu selama hamil, Menghindari makanan yang berbumbu pedas dan berlemak. Menghindari alkohol, karena dapat mengganggu pencernaan dan janin. Sumber air bagi tubuh ada 3 macam :

a. Melalui cairan yang diminum seperti air bersih, susu, sari buah dan sebagainya

b. Melalui makanan seperti sayur mentah, buah-buahan yang kaya air, sop dan makanan lain yang mengandung banyak air.

c. Melalui metabolisme dalam tubuh.

7. Kalsium

Apabila kalsium kurang, janin akan mengambil kalsium dai ibu, itu dapat menyebabkan osteoporosis pada ibu. Sebaiknya minum susu 1x sehari.

8. Serat, Kekurangan serat menyebabkan sembelit, jadi perbanyak sayuran dan pisang.

Manfaat Makanan Bergizi?

Manfaat makanan bergizi untuk ibu hamil sangat penting untuk :

  1. Menjaga kesehatan ibu hamil
  2. Menjaga kesehatan janin yang ada dalam kandungan
  3. Persiapan untuk menghadapi persalinan

Contoh menu makanan Bumil :

Makan pagi

Nasi 150 gr = 1 gelas

Telur 60 gr = 1 butir

Tempe 50 gr = 2 potong

Sayuran 50 gr = ½ gelas

Minyak 5 gr = ½ sendok makan

Susu 200 cc = 1 gelas

Pukul 10 makan bubur kacang hijau 1 gelas

Makan siang/sore

Nasi 200 gr = 1 ½ gelas

Ikan 50 gr = 1 potong

Tempe 50 gr = 2 potong

Sayuran 100 gr = 1 gelas

Pepaya 100 gr = 1 potong

Minyak 10 gr = 1 sendok makan

Dampak bila ibu hamil kekurangan gizi?

Pengaruh pada ibu hamil :

  1. Ibu lemah dan kurang nafsu makan
  2. Perdarahan dalam masa kehamilan
  3. Kemungkinan terjadi infeksi tinggi
  4. Anemia/ kekurangan darah

Pengaruh waktu persalinan :

  1. Persalinan sulit dan lama
  2. Persalinan sebelum waktunya (prematur)
  3. Perdarahan setelah persalinan

Pengaruh pada janin :

  1. Keguguran
  2. Bayi lahir mati
  3. Cacat bawaan
  4. Anemia pada bayi
  5. Berat badan lahir rendah

Hal-hal yang harus dilakukan BUMIL di Puskesmas?

1. Timbang berat badan dan tanyakan kepada petugas, “apakah penambahan berat badan ibu hamil normal ?”

2. Pengukuran LILA (lingkar lengan atas). Lila digunakan untuk menentukan perkiraan bayi lahir berat badan normal atau rendah. Apabila LILA <23,5 cm maka ibu hamil berisiko untuk memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah.

3. Pengukuran Tinggi Fundus Uteri (TFU), pengukuran TFU digunakan untuk memperkirakan tafsiran berat janin. Tanyakan pada petugas, “apa perkiraan berat janin ibu hamil sesuai dengan umur kehamilan ?”

4. Cek HB (hemoglobin) berguna untuk memantau kebutuhan zat besi di dalam tubuh sebagai pencegahan anemia.

Kesimpulan?

Dari pejelasan diatas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

  1. Gizi seimbang bagi ibu hamil adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan ibu selama kehamilan dalam susunan yang seimbang dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan gizi ibu hamil.
  2. Gizi ibu hamil adalah makanan atau zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh seorang ibu yang sedang hamil baik pada trimester I, trimester II, dan trimester III dan harus cukup jumlah dan mutunya dan harus dipenuhi dari kebutuhan makanan sehari-hari sehingga janin yang dikandungnya dapat tumbuh dengan baik serta tidak mengalami gangguan dan masalah.
  3. Kebutuhan Zat Gizi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil: karbohidrat, protein, vitamin c, vitamin a, zat besi, cairan,kalsium, dan serat.
  4. Manfaat makanan bergizi untuk ibu hamil sangat penting untuk : Menjaga kesehatan ibu hamil, Menjaga kesehatan janin yang ada dalam kandungan, Persiapan untuk menghadapi persalinan.
Views:
9606

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *